Jumat, 04 Februari 2011

5 (Lima) Tip Cegah Peningkatan Gula Darah

Penelitian medis terakhir menyebutkan bahwa melambungnya kadar gula dalam darah bisa sebabkan penyakit kanker, terutama pada wanita. Diabetes dan juga peluang terkena serangan jantung pun berkaitan erat dengan kelebihan kolesterol dalam tubuh.

Sebelum terlambat mari kita tanggulangi peningkatan kadar gula darah dalam tubuh kita. Profesor Martin Wiseman dari World Cancer Research Fund memberi lima buah tips praktis agar kadar gula darah kita tidak membumbung tinggi. Seperti yang ditulis sendokgarpu.com. Check these 5 tips to control glucose in our blood.

1. Kurangi atau bahkan hentikan konsumsi cemilan/minuman yang kaya akan kandungan gula, seperti kue-kue, minuman bersoda, permen dan sebagainya. Godaan memang sulit ditolak, tapi perlu anda ingat bahwa dengan mengurangi asupan gula sebagai bagian dari pola diet, berarti anda telah mengambil langkah besar dalam menjaga kadar gula di tubuh anda.

2. Pilihlah beras merah dan bukannya beras putih sebagai makanan pokok. Begitu juga dengan pasta atau roti, pastikan anda memilih yang whole wheat.

3. Pastikan anda mengkonsumsi banyak sayur-sayuran. Minimal lima porsi sehari.

4. Sebisa mungkin, tingkatkanlah aktivitas fisik anda. Ini bukan berarti anda harus berlatih di gym atau fitness center. Sekedar berjalan kaki atau menaiki tangga juga cukup membantu.

5. Terakhir adalah hal yang paling utama, yakni mengendalikan berat badan agar tidak terlalu berlebih. Kalau anda kelebihan berat badan, maka anda harus menguranginya. Ini bisa dicapai dengan melakukan pola diet sehat dan beraktifitas fisik secara reguler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar