Jumat, 04 Februari 2011

Khasiat dan Manfaat Buah Pisang

Pisang. Buah yang satu ini banyak ditemukan di Negara kita. Rumah makan, warung, bahkan pedagang-pedagang emperan di pasar tradsional, banyak menjajakan pisang sebagai barang dagangannya. Intinya pisang sudah sangat familiar di antara menu makan kita.

Tahukan selain enak, pisang juga memilik banyak manfaat kesehatan? Kandungan zat di dalamnya mampu mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit, seperti anemia, sakit jantung dan lain-lain.
Pisang mengandung tiga jenis gula alami yaitu: Sukrosa, Fruktosa dan Glukosa. Zat-zat ini dapat memberikan tambahan sokongan energi langsung yang cukup banyak dan mempunyai indeks glikemik rendah yang baik bagi aktivitas otak kita. Selain itu pisang juga memiliki kandungan zat berikut ini:

Karbohidrat, karbohidrat yang terkandung dalam buah pisang merupakan karbohidrat kompleks yang menyediakan energi yang lebih cepat diserap tubuh dibandingkan dengan nasi roti dan biskuit.Jadi, makanlah pisang jika malas makan nasi.

Zat Besi, karena tinggi akan zat besi,buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin (sel darah merah) yang sangat baik, khususnya untuk penderita ANEMIA.

Zat Potassium yang cukup tinggi dan rendah garam, sehingga sangat baik untuk tekanan darah agar menjadi lebih baik. Zat ini juga dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan penyakit Strooke.

Potasium merupakan mineral penting yg dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengendalikan kadar cairan tubuh. Saat kita sedang mengalami STRES (gangguan pikiran yg dapt mengakibatkan gangguan badan), tingkat metabolisme menjadi naik, dan karenanya terjadi pengurangan kadar potasium.  Ini dapat dikendalikan dengan makanan ringan dari pisang yang kaya dengan kadar potasiumnya.

Zat Asam Semut (penetral asam) yang alami terhadap tubuh, zat ini sangat bagus buat anda yang menderita penyakit jantung.
Di samping zat-zat di atas, pisang juga masih banyak mengandung zat penting lainnya, diantaranya: Tryptphan, sejenis protein yang diatur tubuh menjadi Serotonin, diketahui dapat membawa efek relax, Vitamin B6 & B12, kadar fiber yang dapat membantu program diet untuk mengempiskan bagian perut, Magnesium dan lain-lain.

Pada pisang ditemukan kandungan potassium yang tinggi sebesar 400 mg yang setara dengan segelas orange juice atau kentang kukus. Menurut Dr.Mitchell Elkind yang dilansir Health 24,July,2009, mengatakan bahwa pottassium bisa membuat rileks pembuluh darah sehingga mencegah tekanan darah tinggi dan membantu mengeluarkan sodium dari darah.

Oleh karena itu, perbanyaklah makan buah pisang demi menjaga kebugaran tubuh serta menghindari gejala penyakit.

Kita dianjurkan mengkonsumsi sekitar 2.300 mg potasium perhari. Sedangkan yang sering ditemukan, orang hanya mengkonsumsi kurang lebih 1.500 mg potasium per hari.

Peneliti dari Tulane University menemukan bahwa orang yang kurang mengkonsumsi potasium bisa meningkatkan risiko terkena stroke hingga 28 persen dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi potassium dengan cukup. Pisang mengandung banyak potassium.

Jadi makanlah buah pisang sebagai menu cuci mulut! Karena ia bisa mengurangi risiko kita terkena penyakit stroke. Demikian!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar